Semangat bekerja kita tentu akan semakin tinggi kalau penghasilan terus bertambah. Setiap bulan uang kita terus bertambah dan menumpuk di rekening.  Tetapi faktanya ternyata saldo tabungan kita malah membuat kita menjadi tertegun. Bukannya bertambah, koq malah jumlahnya gitu-gitu saja. 

Dimana letak kesalahannya? Yang pasti bukan kesalahan bank tempat kita menabung. Bukan juga printer dan komputer bank bank yang mungkin salah cetak. 

Uang tabungan jalan ditempat pasti ada penyebabnya, dan faktor terbesarnya adalah diri kita sendiri, dan sering kali kita tidak menyadarinya. Berikut adalah penyebab saldo jalan ditempat.

Tabungan dan Pengeluaran Tercampur

Penyebab pertama dan sering diremehkan adalah, mencampur rekening kita antara saldo pengeluaran dan pemasukan. Padahal dengan memiliki dua rekening yang berbeda, sangat besar manfaatnya.

Gunakan rekening tabungan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rekening ini kita jadikan sebagai batasan dalam menggunakan gaji kita. 

Sementara itu, jangan pernah ganggu gugat keberadaan rekening tabungan. Boleh saja digunakan kalau memang kondisi sangat mendesak.

Teknik ini juga sangat bagus kalau kita adalah pengusaha. Dimana seringkali penghasilan kita naik dan turun, sehingga dengan memisahkan rekening pemasukan dan pengeluaran menyebabkan kita tetap bisa menjaga tabungan kita selalu tetap utuh.

Punya Kartu Debit alias ATM

ATM berfungsi untuk memudahkan kita dalam menggunakan uang kita yang ada di Bank, karena tanpa antri uang langsung siap digunakan. Tetapi justru ini menjadi sumber masalah, karena dengan mudahnya uang keluar dari rekening tabungan kita. 

Secara psikologis, ketika kita melihat isi rekening yang banyak, maka kita akan melihat harga barang yang kita inginkan akan terlihat murah, dan kalau keinginan kita terlalu kuat, maka kita akan selalu cari pembenaran untuk menggunakan uang itu.

Semakin Banyak Kebutuhan

Wajar apabila kebutuhan kita semakin hari meningkat terus. Saat kita masih jomblo, tentunya berbeda kalau kita sudah punya pacar, karena ada pengeluaran lain, yaitu untuk kencan. Ketika kita menikah, tentunya pengeluaranpun berbeda lagi, apalagi setelah kita memiliki anak.

Nah tentunya Budgeting sangat diperlukan, supaya kita tetap memiliki tabungan di rekening kita. Dan ini tentunya PR besar buat kita.

Kurang Disiplin Menabung

Penyebab lain kenapa saldo rekening kita tidak bertambah adalah, kita tidak disiplin dalam menabung.

Kita sudah diajarkan menabung adalah pangkal kaya dari kecil, hanya kita tidak diajarkan bagaimana cara menabungnya. Sehingga kebanyakan menabung hanya dari uang sisa saja.

Cara menabung yang bagus adalah, lakukan ketika kita baru menerima uang atau gaji, mangkanya itulah perlunya kita pisahkan antara rekening pemasukan dan pengeluaran.

Nggak Mau Investasi

Kebanyakan kita menyimpan semua uang kita di Bank dalam bentuk Deposito atau Tabungan. Bahkan banyak yang berharap mendapat keuntungan dari bunganya. Padahal anggapan ini adalah salah kaprah. Karena kalau kita ingin saldo kita membengkak adalah dengan melakukan Investasi di dunia keuangan.

Dijaman Millenial sekarang, banyak pilihan menabung yang bisa kita coba, yang akan menambah saldo rekening kita dengan cepat. Ada tabungan Reksadana, ada tabungan saham.

Tabungan ini akan menyebabkan saldo kita naik dengan drastis, tetapi tabungan model seperti ini ada resikonya, oleh sebab itu pelajari resikonya supaya saldo rekening kita tetap bertambah terus.

 

Menabung VS Hutang

Banya kejadian unik yang terjadi disini, dimana orang sangat suka melihat saldo tabungan yang besar di rekening, sementara ada hutang yang dibiarkan tidak dilunasi. Misalnya, punya Deposito 100 juta tetapi punya hutang 10 jt dan dibayar cicil, karena tanpa sadar keuntungan dari tabungan 100 juta kita menjadi tidak optimal.

Jadi bijaklah dalam berhutang, dan hati-hatilah menggunakan Kartu Kredit, karena bunga kartu kredit lebih dari 30% pertahun, sementara kita mendapat keuntungan dari investasi kita sangat sulit bisa mendapat angka sebesar itu.

Demikianlah teman-teman ulasan mengenai Saldo Rekening kita, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.