Apakah kita sudah terbiasa mengelola kuangan sejak kecil? Dari pengalaman sih, nggak banyak orang tua yang memberikan pelatihan yang cukup tentang hal ini.

Belajar mengelola keuangan yang paling mudah adalah belajar berhemat, tetapi ketika kita jalankan ternyata nggak mudah juga yaa ..

Ketika sudah menghasilkan pendapatan sendiri, kita cenderung tergoda untuk menghambur-hamburkan uang. 

Jajanan Kecil di minimarket setiap hari

Padahal tadinya mau membeli barang tertentu, tetapi waktu kita sampai malah tergoda beli yang lain. Paling sering terjadi adalah membeli jajanan kecil yang didisplay di deket meja kasir. Mungkin nilainya tidak besar, nggak sampai 20 ribu. Tapi cob hitung jika dikalikan setiap hari selama sebulan? Wah, lumayan lho nominalnya, bisa buat ditabung kan …

Berlangganan Gym atau Netflix

Kalau kamu masih belum punya komitmen yang bagus untuk berolahraga, sebaiknya tidak perlu berlangganan gym. Kamu bisa berolahraga sendiri dengan jogging tiap pagi atau bermodalkan video olahraga di Youtube. 

Jika setiap hari kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan pulang dalam keadaan sangat lelah, pertimbangkan deh untuk berlangganan Netflix karena kamu bakal jarang menontonnya.

Secara nila ekonomis, jika kita berlangganan suatu layanan umumnya mendapatkan harga lebih murah. Ada juga berbagai paket promo dan diskon kita menjadi member. Tapi coba pertimbangkan lagi. Jika tidak dipakai dengan maksimal, ujung-ujungnya malah jadi pemborosan.

Tergoda Beli Beauty Product Terbaru

Saat ini pengaruh beauty influencer benar-benar menggoda iman. Hampir tiap hari kita terpapar informasi produk-produk kecantikan baru yang diluncurkan. Nah kalau nggak pintar-pintar menhan diri, hal ini bisa jadi pemborosan loh. Tahan dulu, beauty product punya jangka waktu yang terbatas. Jadi ketimbang terbuang sia-sia, lebih baik habiskan dulu yang ada yaa.

Dari nilai barang yang kecil, kita bisa belajar menghargai uang. Karena setiap rupiah yang kita keluarkan ada maknanya, #MasaGakMau lebih hemat?